Sabtu, 03 Mei 2014

Introvert, Ambivert, atau Ekstrovert?

Ditulis oleh Asa di 20.14
Akhir - akhir ini aku sering menjumpai kata Introvert, Ambivert, dan Ekstrovert di Ask.fm. Wait, tau Ask.fm kan? Buat yang belum tau aja nih, Ask.fm itu sosial media dimana kita bisa kepoin orang tanpa diketahui identitas kita (bisa dianonim pas nanya). Tapi gak banyak juga yang manfaatin Ask.fm buat ngejudge orang. Harusnya sih mereka ngerti kalau Ask.fm not Judge.fm :) Kok malah bahas Ask.fm ya? Balik ke Introvert, Ambivert, dan Ekstrovert yuk. Tau gak apa itu Introvert? Apa itu Ambivert? Apa itu Ekstrovert?
pict from google
...
Ada orang yang: Pendiem, Pemalu, Pemikir, Tertutup, dan Suka menyendiri. Biasanya tipe orang yang seperti ini sulit beinteraksi dengan sesama jadi gak punya banyak teman. Seringkali orang menilai dia sombong aneh dan membosankan, tapi belum tentu juga demikian kan? Inilan tipe Introvert.

Introvert adalah kepribadian manusia dimana dia cenderung asik dengan dunia dalam pikirannya sendiri. Orang introvert cenderung menutup diri dari kehidupan luar. Lebih banyak berpikir dan lebih sedikit beraktifitas. Lebih menyukai keadaan sunyi dan tenang dibandingkan dengan keadaan ramai dan banyak orang.

Ciri lain dari Introvert adalah lebih senang bekerja sendiri, senang berimajinasi, lebih suka berinteraksi dengan 1 orang (interpersonal), lebih senang mendengarkan orang lain bercerita daripada bercerita, memilih untuk melakukan kegiatan yang tenang (seperti membaca;menulis;memancing;dsb), bertindak sebagai pengamat dalam sebuah interaksi, mudah mengungkapkan sesuatu melalui tulisan, dan mendahulukan berpikir sebelum berbicara atau bertindak.

...
Disisi lain, ada orang yang: Aktif, Percaya diri, Terbuka, dan Suka bersama orang. Inilah ciri orang normal menurut sebagian orang. Biasanya tipe seperti ini mudah berinteraksi dengan banyak orang (supel) sehingga ia memiliki banyak teman. Inilah tipe Ekstrovert.

Ekstrovert adalah kepribadian manusia dimana dia cenderung asik dan menyukai dunia luar. Orang ekstrovert sangat terbuka dengan dunia luar. Lebih banyak beraktifitas daripada berpikir. Lebih menyukai keadaan ramai dan banyak orang dibandingkan dengan keadaan sunyi dan tenang.

Ciri lain dari ekstrovert adalah lebih senang bekerja sama, senang berinteraksi dengan banyak orang sekaligus, lebih senang bercerita daripada mendengar orang lain bercerita, menyukai kegiatan yang melibatkan banyak orang (seperti jalan-jalan;nonton konser;pesta;dsb), bertidak sebagai partisipan dalam sebuah interaksi, mudah mengungkapkan sesuatu lewat kata-kata, dan mendahulukan berbicara atau bertindak baru berpikir.

...
Terus kalau yang memiliki dua kepribadian? Itu Ambivert. Tipe ini mudah berubah (mirip bunglon ya?) dari introvert menjadi ekstrovert dan begitu juga sebaliknya. Tipe ini bisa dibilang tipe paling baik, karena dia akan mudah berinteraksi dengan tipe introvert maupun ekstrovert. Namun seringkali Tipe ambivert sering terlihat sensitif dan moody karena sifatnya yang berubah-ubah. Salah satu kelebihan ambivert : Easy Going.

Fyi, di dunia ini Introvert menjadi minoritas. Sedangkan ekstrovert menjadi mayoritas. Lalu ambivert? 

Pada dasarnya kepribadian hanya ada dua yaitu Introvert dan Ekstrovert. Ambivert sendiri muncul karena adanya keunikan di diri manusia^^ Ambivert Amfibi? Mirip kan? Ibaratnya nih Introvert itu hewan darat. Sedangkan Ekstrovert hewan air. Terus kalau hewan darat dan air? Ya Ambivert^^

Jadi, termasuk tipe manakah kamu?

7 komentar:

Unknown mengatakan...

Aku hewan darat aja 😎

Asa mengatakan...

Introvert itu mudah mengungkapkan sesuatu melalui tulisan (y)

Falda Kumala mengatakan...

kalau aku apa? wkwk

tiara mengatakan...

kalau aku..aku ..aku apa ya?kadang enak sendiri sunyi, kadang enak rame2.

syukur mengatakan...

Aku hewan air saja deh, bersih selalu kulitnya.hehe

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar

leave a comment here, commenters.

 

Anything Posting Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review